Pemahaman 4 Pilar MPR RI Melalui Tontonan Wayang

MPR dan Warga Bojonegoro Nobar Wayang Semalam Suntuk
April 13, 2016
Calon Bupati Akan Kunjungi Watu Gandul
April 13, 2016

Pemahaman 4 Pilar MPR RI Melalui Tontonan Wayang

IMG_20160410_125853suarabojonegoro.com – Bertempat dihalaman Stadion Letjen. H. Soedirman Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu Malam (9/4/16) Anggota DPR / MPR RI turun gunung untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).

Hadir dalam acara ini diantaranya adalah Didik Mukrianto, SH. (Fraksi Partai Demokrat), Dr. Anna Mu’awanah, SE., MH. (Fraksi PKB), Drs. H. Kuswiyanto, M.Si.(Fraksi PAN), Prof. Dr. John Pieris, SH., MS. (Kelompok DPD). Sedangkan dari pemerintah daerah hadir Wakil Bupati Bojonegoro Drs. H. Setya Hartono, MM. dan beberapa anggota DPRD Bojonegoro serta jajaran FKPD dan SKPD Kabupaten Bojonegoro.

Ki Sigid Ariyanto dari Rembang dengan lakon “Wahyu Makutoromo” yang sengaja didatangkan sebagai bentuk reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam rangka Internalisasi pemahaman terhadap 4 Pilar MPR RI kepada masyarakat.

“Melalui pagelaran seni budaya tradisional dan juga sebagai salah satu bentuk apresiasi sekaligus langkah konkret dan nyata MPR RI dalam upaya melestarikan warisan budaya tradisional, khususnya wayang kulit, yang telah menjadi ciri, jati diri dan kekayaan intelektual bangsa Indonesia yang telah diakui dunia,” Jelas Didik Mukrianto.

Didik Mukrianto juga menjelaskan bahwa budaya memang seharusnya tidak hanya menjadi jargon saja namun harus ada upaya pemerintah yang serius dalam pelestariannya. (Ang*)

X