Kawasan Sumur Minyak Tua di Bojonegoro akan Diubah Jadi ‘Little Texas’

Buronan BLBI Tertangkap, Penegak Hukum Harus Buru Aset Mereka di Luar Negeri
April 19, 2016
Wisata Pantai Boom Tuban yang Indah
April 20, 2016

Kawasan Sumur Minyak Tua di Bojonegoro akan Diubah Jadi ‘Little Texas’

97c8d4ba-d462-4f48-9c5b-f432a4b21c3f_43Bojonegoro Detik.com -Mungkin masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya kawasan sumur tua di Bojonegoro, Jawa Timur. Kawasan yang berada di ketinggian 300 dpl (di atas permukaan laut) ini terdapat 720 sumur minyak tua yang dikelola masyarakat lokal.

Untuk mengenalkan ke masyarakat luas tentang penambangan tradisional ini, PT Pertamina EP IV, SKK Migas dan Pemkab Bojonegoro berencana mengubah kawasan sumur tua di Wonocolo menjadi kawasan wisata “Little Texas”.

Diharapkan, tahun ini kawasan sumur wisata bisa diluncurkan dan menjadi tempat wisata edukasi migas. Selain itu, dapat mengubah masyarakat lokal mendapatkan manfaat ekonomi yang lebih besar dibanding hanya mengelola sumur tua.

“Pembangunan infrastruktur masih terus dilakukan. Nantinya, pengelola desa wisata adalah masyarakat lokal,” kata Sekretaris SKK Migas Budi Agustyono, Senin (21/3/2016).

Saat ini kata Budi, di Wonocolo terdapat 720 sumur tua yang dikelola oleh paguyuban masyarakat lokal. Selain sebagai museum edukasi migas, wisata sumur tua nantinya juga akan menawarkan berbagai obyek wisata.

Di antaranya, jeep adventure, motor trail, sepeda alam, outbond dan pemasaran produk dan kerajinan lokal.

“Aspek pendidikan menjadi muatan dalam wisata sumur tua untuk mengenalkan sektor migas ke siswa, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” jelas Budi.

Budi menambahkan, hasil penambangan di 720 sumur tua itu disetorkan/dijual ke Pertamina.

X