Wisata Air Terjun Nglirip Tuban

Keindahan Pasir Putih dan Pohon Cemara Pantai Remen
April 20, 2016
Pemerintah Tak Mau Langgar Putusan MK
April 28, 2016

Wisata Air Terjun Nglirip Tuban

AIR TERJUN NGLIRIP TUBAN - JAWA TIMUR

AIR TERJUN NGLIRIP TUBAN – JAWA TIMUR

Wisata Tuban, Air Terjun Nglirip Tuban, Merupakan salah satu destinasi objek wisata alam di kabupaten tuban. Wisata ini menyuguhkan eksotisme alam yang menakjubkan air terjun setinggi 25meter ini penuh dengan pesona serta misteri. Selain wisata air terjun di wilayah kabupaten tuban juga terdapat wisata pantai yang unik untuk anda kunjungi yakni Wisata Pantai Pasir Putih Remen yang berada sekitar wilayah di Kecamatan Jenu kearah barat dari kota tuban.
Air Terjun Nglirip

Sejarah Mitos Wisata Air Terjun Nglirip ?..
Diceritakan pada zaman dahulu terdapat sepasang kekasih beda strata, yang lelaki merupakan kalangan priyayi (orang terpandang) dan yang perempuan merupakan gadis Desa biasa. Sepasang Kekasih tersebut tidak direstui oleh orang tua lelaki tersebut karena beda status sosialnya. Dan akhirnya orang tua lelaki yang dari kadipaten terebut menyuruh pengawal nya untuk membunuh anaknya karena tidak mau patuh padanya. Dan akhirnya perempuan sedikit kecewa dan tak percaya akan kepergian kekasihnya itu. Akhirnya dia bersemedi di balik air terjun nglirip yang konon terdapat goa yang biasa dibuat semedi oleh leluhur. Sang perempuan bersemedi sembari menanti kekasihnya datang karena dalam anganya tak percaya kekasihnya pergi meninggalkan dunia, saking lamanya ia bersemedi sampai hilang raganya dan terbaur dialam roh disana. Sampai saat wanita tersebut dianggap penjaga air terjun nglirip atau warga sekitar sering menyebutnya putri nglirip.

Selain wisata Air Terjun Nglirip di sekitar sana juga terdapat Wisata air terjun lainya yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi yaitu Wisata Air Terjun Lembah Bongok yang ada di wilayah Kecamatan Montong.
Dimana Letak Wisata Air Terjun Nglirip Tuban ?..
Secara administratif Air Terjun Nglirip Tuban terletak di Dusun Jojogan Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan. Jarak Dari Pusat Kota Tuban terhitung sekitar kurang lebih 37KM kearah barat daya.

Bagaimana Rute, Jalan, Jalur Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Nglirip Tuban ?…
Apabila anda dari pusat kota tuban untuk menuju lokasi ikuti jalur pantura tuban-semarang [kearah barat]. Kemudian ikuti penunjuk arah ke montong. Sesampai dijalan raya montong ikuti terus jalur jalan menuju kecamatan singgahan.Sesampai melewati hutan krawak akan anda jumpai papan penunjuk arah ke air terjun nglirip yang berada disisi kiri jalan. Denga letak lokasi yang tidak jauh dari jalan raya yang sudah beraspal sehingga untk menuju lokasi tidaklah sulit. Untuk bisa sampai dilokasi wisata anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum jenis “colt”.
Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi rute yang bisa anda tempuh untuk menuju Wisata Air Terjun Nglirip yaitu :
Dari Tuban ke Montong lalu Singgahan atau bisa juga Tuban menuju Kerek sampai ke Singgahan yang melewati lokasi Pabrik Semen Indonesia yang ada di Tuban. Selain itu juga bisa anda tempuh dari arah Kota Bojonegoro melewati Parengan-Singgahan.

Apabila anda menggunakan angkutan umum ada 2 rute untuk menuju Wisata Air Terjun Nglirip , yaitu:
Tuban Ke Kecamatan Montong Ke Wisata Air Terjun Nglirip
anda harus naik angkutan umum dari terminal Tuban dengan jurusan Montong, kemudian lanjutkanlah perjalanan anda dengan naik kendaraan jurusan Jojogan. Berhubung lokasi Wisata Air Terjun Nglirip letaknya antara kecamatan Montong dan desa Jojogan, maka anda dapat langsung melihat pesona air terjun manakala melewati rute atau jalur ini.

Tuban Ke Kecamatan Singgahan Ke Wisata Air Terjun Nglirip
Dari Tuban menuju singgahan . Carilah angkutan umum, lebih mudah di terminal yang biasa pak sopir nge-time menunggu penumpang. Dari Terminal Tuban naik angkutan jenis bus jurusan Jatirogo yang akan transit di terminal Kabupaten Bojonegoro. Dari kabupaten bojonegoro lanjutkan perjalan anda ke jalur kecamatan jatirogo. Selanjutnya mintalah ke kernek atau kondektur untuk turun di pertigaan Warung Anjlok dusun Jojogan. Dari situlah anda akan segera mendapati tujuan wisata yang akan anda tuju yakni Air Terjun Nglirip tersebut berjarak kurang dari 1 KM. Untuk mencapainya lokasi anda bisa jalan kaki menikmati suasana kampung atau anda bisa juga memanfaatkan angkutan umum jenis “colt” yang menuju arah montong. Sesampainya ditempat anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan nan menawan. Dari pinggiran jalan anda sudah dapat melihat jatuhnya air dari atas tebing. Apabila Anda ingin menyusuri aliran bawah Air Terjun Nglirip berhati-hatilah karena jalanan licin.

Berapa Tiket/Tarif biaya masuk Wisata Air Terjun Nglirip ?…
Untuk menikmati wisata alam yang eksotis ini anda tak perlu mengeluarkan kocek yang berlebih. Pada hari-hari biasa Tarif Rp.000,00 alias gratis. Namun apabila anda datang pada hari minggu atau libur dikenai tarif untuk tiket masuk sebesar Rp 500 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3000 untuk kendaraan roda empat.
Tertarik untuk berkunjung Air Terjun Nglirip ?.. pastikan anda kesana pada musim pergantian antara musim hujan dan kemarau. Karena apabila anda kesana pada musim hujan yang anda dapat lihat kurang menarik karena air terjun berwarna keruh. Dan apabila pada musim kemarau air juga tak begitu deras, jadi kurang menarik untk anda sebut air terjun. Maka dari itu datanglah pada musim pergantian dijamin anda akan merasakan dan menikmati keindahan wisata air terjun nglirip ini.

Selain Air terjun nglirip dan air terjun lembah bongok di tuban juga terdapat Air Terjun Gajahan wilayah kec. Tambakboyo yang layak untuk anda jelajahi.

X