Jokowi Harus Jelaskan ke Publik jika BG Gantikan Bang Yos

Didik Minta Tito Atasi Kejahatan Internasional
June 23, 2016
Geger Kabar Miring Teman Ahok, Ini Pesan Anggota Dewan
June 23, 2016

Jokowi Harus Jelaskan ke Publik jika BG Gantikan Bang Yos

Sindonews.comjokowi-harus-jelaskan-ke-publik-jika-bg-gantikan-bang-yos-bA2 JAKARTA – Beredar isu bahwa Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan akan menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (Purnawirawan) Sutiyoso.

Jika pada akhirnya isu itu terbukti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai perlu menjelaskan ke masyarakat tentang alasan pergantian posisi Kepala BIN itu.

Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto mengakui, pergantian Kepala BIN merupakan hak prerogatif presiden. Dia berharap, evaluasi terhadap posisi jabatan Kepala BIN itu harus objektif dan rasional.

“Kembali ke substansi, apakah sudah layak apa belum? Diganti atau tidak, kembali lagi ke presiden,” kata Didik di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Sebab ‎Sutiyoso atau akrab disapa Bang Yos itu dianggapnya sosok yang memiliki banyak pengalaman. Selama di TNI pun, Bang Yos dianggap memiliki kapasitas yang cukup.

Dia pun menilai kinerja Bang Yos selama menjabat Kepala BIN itu juga sudah cukup bagus. “Ketika ada wacana dari presiden evaluasi dan pergantian, hanya presiden yang menjelaskan alasan mendasari mengganti beliau (Bang Yos),” ucapnya.

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR ini mengatakan, partainya menyerahkan ‎sepenuhnya ke presiden mengenai hal demikian. “‎Tapi dijalankan secara terukur dan tepat, jelaskan kepada publik,” pungkasnya.

X