Demokrat Setuju Parpol Publikasikan Profil Caleg di Media

Kerajinan kayu jati Bojonegoro terkenal di mancanegara
May 18, 2013
Bersama-sama Selamatkan Uang Rakyat
June 6, 2013

Demokrat Setuju Parpol Publikasikan Profil Caleg di Media

qTempo.co

Partai Demokrat memastikan akan memulai proses penjaringan calon presiden mulai Juni mendatang. Wakil Ketua Dewan Kehormatan Demokrat, Melanie Leimena Suharli, mengatakan Juni dipilih karena saat itu partai sudah tak lagi disibukkan dengan proses penyusunan dan perampungan daftar calon legislator. “Kami ingin mulai lebih awal agar cukup waktu untuk memilih calon-calon terbaik,” kata Melani di kompleks parlemen Senayan, Kamis, 16 Mei 2013.

Menurut Melani, proses konvensi yang dimulai Juni masih merupakan tahapan awal. Majelis Tinggi masih akan merumuskan dulu kriteria dan syarat minimal yang harus dipenuhi oleh setiap bakal calon presiden. Penentuan kriteria ini juga akan didasarkan keinginan dan kebutuhan publik.

Proses konvensi dipastikan sebagai jalan yang tepat untuk mendapat pengganti Susilo Bambang Yudhoyono yang sudah dua periode menjabat presiden. “Setelah SBY hingga kini kami belum mendapat ikon yang sekelas dengan beliau sehingga kami perlu lakukan penjaringan yang melibatkan eksternal.”

Menurut Leimena, partai melihat saat ini ada calon-calon presiden potensial yang berasal dari kelompok nonpartai. Namun, orang-orang potensial ini sering tak terakomodir lantaran tak punya perahu untuk maju. Karena itu, mulai pemilihan presiden 2014 ini Demokrat akan membuka diri untuk siapa saja maju sebagai capres. Syaratnya harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan Majelis Tinggi.

Setelah kriteris capres selesai digodok, Demokrat baru akan membuka tahapan pendaftaran terbuka. Kemungkinan proses ini akan dimulai Agustus. Beberapa bakal calon presiden nantinya akan diminta untuk mensosialisasikan diri ke seluruh wilayah di Tanah Air. Setelah proses sosialisasi, partai akan terus memantau tingkat penerimaan publik terhadap calon-calon ini melalui metode survei.

Proses survei dan pemantauan penerimaan publik ini, kata Melani, diperlukan agar partai mengetahui respon dan sosok capres yang diinginkan publik. “Jadi, tokoh yang didukung partai nantinya juga sudah mendapat simpati publik dan tak hanya didukung oleh kalangan sendiri.”

Proses penentuan capres dimungkinkan baru akan dilakukan pada 2014 nanti. Pada sat itu partai akan menggunakan metode survei yang dipadukan dengan penilaian partai. Sedangkan keputusan akhir akan ditetapkan oleh Majelis Tinggi.

Saat ini, kata Melani, memang sudah ada beberapa tokoh yang berminat untuk ikut konvensi Demokrat. Di kalangan internal, ada Wakil Ketua Dewan Pembina yang juga menjabat Ketua DPR, Marzuki Alie. “Marzuki sudah mengatakan akan ikut.” Sedang dari eksternal ada Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang sudah menyampaikan minatnya. “Tapi nanti siapa pun orangnya akan kami lihat bagaimana keinginan dan respon publik.”

IRA GUSLINA SUFA

X