Tak jamin bebas penggusuran, begini cara Agus-Sylvi saat pimpin DKI

Demokrat: Semua petinggi partai turun gunung menangkan Agus-Sylvi
October 6, 2016
Demokrat yakin akan lahir pemimpin baru yang manusiawi di DKI
October 6, 2016

Tak jamin bebas penggusuran, begini cara Agus-Sylvi saat pimpin DKI

Merdeka.com – Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Agus Harimurt – Sylviana Murni tak jamin jika pimpin DKI nanti bakal bebas dari penggusuran. Namun, ada cara yang berbeda yang akan dilakukan Agus-Sylvi jika memang harus melakukan penggusuran terhadap warga Jakarta.

Ketua DPP Demokrat Didik Mukrianto mengatakan, pihaknya sudah tentu akan memprioritaskan aspek berkeadilan dan keseimbangan dalam menyelesaikan masalah di Jakarta. Mungkin saja dalam memimpin nanti Agus-Sylvi akan lakukan penggusuran, namun hal itu akan dilakukan dengan cara yang manusiawi.

“Problem di Jakarta tidak mudah, bukan cuma lingukngan dan tata ruang tapi basis manusianya, bagaimana kita menghargai warga negara, memikirkan hak-hak hidup, bagaimana memikirkan akses keadadilan,” jelas Didik saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (5/10).

Menurut dia, persoalan di Jakarta tidak melulu soal infrastruktur yang berdampak pada penggusuran. Dia menambahkan, Agus-Sylvi juga akan memprioritaskan soal pendidikan dan kelayakan hidup warga Jakarta kelas bawah.

“Di Jakarta bukan persoalan menyangkut penataan, tapi bagiamana menyelesaikan problem sosial, rakyat kecil bisa menikmati subsidi pendidikan, kesehatan. Jakarta memang kecil, tapi, kompleks dan strategis,” tutur dia.

“Konsep penataan Jakarta penting, tapi harus berbasis manusiawi, keteraturan dan proses yang benar. Terpenting, kita menyadari setiap kebijakan tidak bisa 100 persen orang senang, 100 persen bisa menerima, bagaimana kita merumuskan, merencanakan secara terbuka, barang tentu kita ingin buka wacana, buka ruang publik bersama,” imbuhnya.

X