Sosialisasi Empat Pilar Dapat Manfaatkan Media Sosial

MPR: Media Sosial Bisa Dimanfaatkan Untuk Sebarkan Nilai Empat Pilar
December 14, 2016
DM : Polri Harus Menjadi Pengayom Seluruh Masyarakat
January 17, 2017

Sosialisasi Empat Pilar Dapat Manfaatkan Media Sosial

Didik Mukrianto mengatakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI dapat memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan oleh kaum muda dan kaum terdidik

Didik Mukrianto mengatakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI dapat memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan oleh kaum muda dan kaum terdidik

Publicapos.com – Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto mengatakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI dapat memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan oleh kaum muda dan kaum terdidik.

“Kemajuan teknologi informasi membawa dapat positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya, dapat memanfaatkan media sosial untuk penyebaran nilai-nilai Empat Pilar,” kata Didik Mukrianto, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Menurut Didik, pemahaman nilai Empat Pilar yakni, Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, pada generasi muda sudah semakin luntur.

Di sisi lain, kata dia, generasi muda di perkotaan saat ini banyak yang menggemari media sosial untuk berkomunikasi.

“MPR RI maupun pihak terkait, dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mensosialisasikan Empat Pilar,” katanya.

Anggota Komisi III DPR RI ini menjelaskan, Pancasila dan tiga pilar lainnya menjadi filter bagi bangsa Indonesia dalam dalam menghadapi tantangan nasionalisme baik dari internal maupun eksternal.

Dia menyebut, tantangan internal seperti fanatisme kedaerahan, sedangkan tantangan eksternal seperti pengaruh globalisasi dengan masuknya budaya asing yang kurang sesuai ke Indonesia.

“Jika tidak difilter, maka budaya asing itu akan terus menggerus nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dalam Empat Pilar,” katanya.

Menurut dia, media sosial seperti whatsapp, twitter, line, instagram, bbm, dan sebagainya, meskipun digunakan secara bebas, tapi dapat dimanfaatkan untuk mensosialisasikan nilai-nilai luhur bangsa dalam Empat Pilar.

X