Karang Taruna Ujung Tombak Pemberantasan Narkoba

Empat Emas Bawa SMPN 8 Raih Juara Umum Silat Pelajar PSHT
March 2, 2017
Tuban Jadi Barometer Nasional
March 3, 2017

Karang Taruna Ujung Tombak Pemberantasan Narkoba

karang taruna

Remaja dan pemuda yang tergabung dalam komunitas Karang Taruna diharapkan menjadi garda terdepan memerangi narkoba. Pasalnya saat ini, peredaran narkoba sudah sangat memerihatinkan dan menyasar anak sebagai generasi penerus bangsa.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dalam keterangannya saat dalam kegiatan Sosialisasi UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika di Balai Pertemuan Kebon Bawang yang dihadiri lebih dari 150 orang peserta dari Karang Taruna se-Jakarta Utara, Kamis (2/3).

Dalam kegiatan sosialisasi yang turut dihadiri Iyan Sofyan Hadi (Kepala Kesbangpol Kota Jakarta Utara), Robert Sitinjak (Kasat Narkoba Polres Jakarta Utara), Yasin (Jaksa Fungsional Kejari Jakarta Utara), dan Rizky Fahrurrozi (perwakilan BNN Jakarta Utara).

Menurut Ahmad Sahroni peredaran Narkoba semakin merajalela di tanah air akhir-akhir ini. Berbagai modus operandi dilakukan oleh para bandar dan gembong Narkoba dalam menyebarluaskan peredaran narkoba.

“Oleh karena itu perlu tindakan tegas terhadap bandar dan gembong Narkoba ini. Darurat Narkoba yang dicanangkan Bpk Presiden RI perlu terus digaungkan dan ditindaklanjuti,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Sahroni meminta agar anggota Karang Taruna jangan sekali-kali berani untuk mencoba atau mencicipi yang namanya barang haram tersebut.

Politisi NasDem ini menambahkan narkoba telah berkamuflase dalam bentuk makanan yang beredar di masyarakat. Aneka makanan konsumsi anak sekolah pun rentan menjadi disusupi oleh Narkoba seperti coklat, permen, bahkan sampai ke bumbu dapur.

Contoh narkoba terbaru adalah tembakau ‘Gorilla’ (Hanoman) yang memberikan efek ‘fly’ luar biasa kepada penggunanya.

Berdasarkan pantauan BNN, kata Sahroni peredaran narkoba juga menyasar anak-anak didik usia dini yang masuk ke lingkungan sekolah, mulai sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.

“Kepala BNN telah memberikan instruksi langsung ke jajaran dibawahnya agar semua pelaku kejahatan terkait narkoba dihukum seberat-beratnya. Menyikapi hal itu, Saya menghimbau generasi muda karang taruna untuk berpartisipasi aktif dalam mengawasi lingkungan sekitar dan keluarga agar terhindar dari bahaya Narkoba,” ucapnya.

Sumber

X