Komisi III DPR Dukung Revisi UU tentang HAM

Kontingen Rowosari Kendal Juara Umum Kejurda Pencak Silat Pelajar Kapolres Pemalang Cup 2017
March 29, 2017
Dari Desa Untuk Bangsa, Itulah Pesan JA Buat Rombongan Karang Taruna
March 31, 2017

Komisi III DPR Dukung Revisi UU tentang HAM

DPR RI

Komisi III DPR baru saja menggelar rapat dengan Komnas HAM. Sesuai rapat, DPR setuju untuk memperkuat fungsi kelembagaan HAM.

“Komisi III DPR RI mendukung Revisi UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan meminta Komnas HAM bersikap proaktif dalam penyusunan naskah akademik dan draf RUU tersebut agar lebih mengakomodasi dan memperkuat fungsi Komnas HAM seperti dalam hal penguatan kelembagaan, pemberian kewenangan, pemanggilan paksa, penguatan rekomendasi yang selama ini banyak tidak ditindaklanjuti pemerintah sebab bersikap mengikat,” ujar pimpinan rapat yang juga Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Selain itu, Komisi III meminta Komnas HAM lebih serius menangani perkara pelanggaran HAM. Baik pelanggaran biasa maupun yang berat, Desmond meminta Komnas HAM berfokus menyelesaikan perkara.

“Komisi III DPR RI meminta Komnas HAM lebih fokus dan serius terhadap penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM dan HAM berat,” tegasnya.

Terakhir, politikus Gerindra itu meminta Komnas HAM rajin melapor atas hasil investigasi dalam perkara pelanggaran hak asasi yang ditangani. Baik itu soal terorisme maupun sengketa tanah, DPR meminta Komnas HAM terus melaporkannya.

“Komisi III meminta Komnas HAM melaporkan setiap hasil investigasi dari pengaduan yang telah diterima oleh Komnas HAM secara periodik kepada Komisi III DPR RI akibat hilangnya rasa keadilan. Seperti penindakan pelanggaran HAM di bidang terorisme, pertanahan, dan lain-lain,” bebernya.

Dalam rapat itu, selain Desmond, beberapa anggota Komisi III hadir, di antaranya Arsul Sani dari PPP, Adies Kadir dari Golkar, dan Daeng Muhammad. Adapun perwakilan dari Komnas HAM di antaranya Ketua Komnas HAM M Imdadun Rahmat, Roichatul Aswidah, Hafid Abbas, dan komisioner lainnya.

Sumber

X