Fraksi Demokrat Tolak Angket KPK

Kader Ajukan Pembekuan Partai Demokrat, Ini kata Ketua DPP
April 27, 2017
Pertamina Bangun Kilang di Tuban, Bupati Minta Warga Sekitar Diprioritaskan
May 2, 2017

Fraksi Demokrat Tolak Angket KPK

Fraksi Partai Demokrat (FPD) menolak usul hak angket terhadap KPK.  Pengunaan hak angket dianggap melemahkan KPK dan ini tidak tepat waktu.

Hal ini disampaikan dalam jumpa pers yang dihadiri Ketua FPD Edhie Baskoro Yudhoyono, Sekretaris FPD Didik Mukrianto, anggota FPD Benny K Harman, dan Agus Hermanto. Meski menolak hak angket atas KPK, dalam pernyataan yang dibacakan Benny, FPD memberikan sejumlah catatan. Antara lain, bahwa klarifikasi terhadap penggunaan kewenangan luar biasa yang dimiliki KPK dalam pemberantasan korupsi adalah keniscayaan.

‘’Namun, hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan cara dan mekanisme yang lain. Yang dimungkinkan undang-undang, tanpa mengganggu iklim pemberantasan korupsi,’’ kata Benny.

Mengenai pemberantasan korupsi secara umum, FPD menegaskan tak pernah berubah. Sikap FPD jelas dan konsisten. ‘’DNA kami terkait pemberantasan korupsi jelas dan konsisten, bersama rakyat membela dan mengawal KPK sebagai institusi paling depan dalam pemberantasan korupsi,’’ tegas Benny yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu.

Ditambahkan, KPK juga tidak luput dari kesalahan. Karena itu harus dikawal. ‘’Tentu tentu bukan malaikat. KPK harus dikoreksi, agar lebih cermat dan akuntabel dalam penggunaan kewenangan-kewenangan yang luar biasa untuk memberantas korupsi.’’

Dalam hal ini, FPD mengajak seluruh rakyat untuk sama-sama mengawasi kerja KPK sehingga KPK menjadi insitusi yang kredibel, akuntabel dan tidak pilih kasih, menegakkan keadilan dalam melaksanakan tugasnya memberantas korupsi. (***)

Sumber

X
Skip to toolbar