Nurhayati vs Didik Berebut Restu SBY untuk Jadi Cagub Jatim

Kader Muda Minta Demokrat Ajukan Didik Mukrianto Jadi Cagub Jatim
August 1, 2017
Hadirnya Negara Untuk Kemurnian Demokrasi
August 3, 2017

Nurhayati vs Didik Berebut Restu SBY untuk Jadi Cagub Jatim

detik.com – Dinamika politik di Partai Demokrat (PD) memanas jelang Pilkada Serentak 2018. Di Jawa Timur, dua elite Demokrat, yaitu Nurhayati Ali Assegaf dan Didik Mukrianto akan berebut tiket menuju Jatim 1 dari partai besutan SBY itu.

Nurhayati Ali Assegaf yang menjabat sebagai waketum Demokrat terlebih dahulu mendaftar di DPD PD Jatim pada Rabu (27/7) lalu. Nurhayati resmi mengambil formulir pendaftaran dari DPD PD Jatim.

“Saya mendaftar calon gubernur Jawa Timur di rumah sendiri (kantor DPD Partai Demokrat). Ini rumah saya, rumah kebanggaan saya dan Nurhayati Assegaf ikut membangun Partai Demokrat sejak awal,” kata Nurhayati usai mengambil formulir bakal cagub di kantor DPD PD Jatim.

Nurhayati punya alasan kuat maju di Pilgub Jatim 2018. Dia ingin mendapat ridho Allah SWT dan berjanji akan melanjutkan kepemimpinan Gubernur Jatim Soekarwo.

“Saya ingin melanjutkan kepemimpinan Pakdhe Karwo (Soekarwo) yang sudah menjadi gubernur Jatim 10 tahun. Pakdhe Karwo kader kebanggaan Partai Demokrat yang program-programnya sudah dirasakan masyarakat Jawa Timur,” ucapnya.

Langkah Nurhayati yang ingin bertarung menjadi Jatim 1 mendapat tantangan dari internal partai. Nama Ketua DPP PD Didik Mukrianto muncul di bursa cagub Jatim dari PD.

Adalah kader muda PD yang mencuatkan nama Didik di Pilgub Jatim. Ketua DPP Partai Demokrat Urusan Bidang Antikorupsi (KPK) Jemmy Setiawan mengatakan kader yang diusung Demokrat untuk menjadi pemimpin haruslah kader yang bersih. Didik termasuk dalam kategori tersebut. Didik disebut memiliki integritas dan berpeluang maju dalam Pilgub Jatim.

“Salah satu kader muda yang punya integritas dan masuk radar Departemen KPK adalah Didik Mukrianto. Dia punya sejarah panjang sebagai aktivis gerakan mahasiswa. Kader utama partai dan turut berjuang sejak awal partai ini berkiprah,” ucap Jemmy.

Jemmy menilai anggota Komisi III DPR itu memiliki rekam jejak dan latar belakang yang baik. Selain anggota DPR dan elite partai, Didik merupakan Ketua Umum Karang Taruna.

“Punya catatan baik dalam membangun komunikasi antar lembaga dan memimpin beberapa organisasi berskala nasional. Didik di mata saya layak didorong maju agar partai punya harapan terhadap kepemimpinan kaum muda yang terukur dan teruji,” papar Jemmy.

Demokrat Jawa Timur sendiri telah menutup pendaftaran bagi calon gubernur-calon wakil gubernur Jawa Timur. Meski baru sebatas diusulkan maju dan belum mendaftar, Didik tetap berpeluang diusung karena semua keputusan kembali di DPP PD.

Didik dan Nurhayati merupakan wakil rakyat dari Jawa Timur. Mereka sudah punya basis pemilih, yang bisa jadi modal untuk ke Pilgub Jatim.

Sumber

X