Keutamaan Puasa Sunnah 9 Dzulhijjah

Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin
August 7, 2013
Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo, Prajurit Sejati yang Demokratis
October 14, 2013

Keutamaan Puasa Sunnah 9 Dzulhijjah

Keutamaan Puasa 9 Dzulhijjah

DIDIKMUKRIANTO.COM. Caleg DPRRI Partai Demokrat Dapil Jatim IX (Tuban-Bojonegoro) nomor urut 1, Didik Mukrianto mengajak sedulur-sedulur Bojonegoro-Tuban untuk menunaikan ibadah puasa sunnah 9 Dzulhijjah.

Keutamaan Puasa 9 Dzulhijjah

Keutamaan Puasa 9 Dzulhijjah

 

Untuk melengkapi ibadah yang di bulan Dzulhijjah tahun ini, Mas Didik mengajak kita semua untuk menambah amalan dengan menunaikan puasa sunnah di hari ke 9 bulan Dzulhijah ini. Menurut Mas Didik, dalam bulan Dzulhijjah ada puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh syara’ karena banyak hadits yang menyebutkan keutamaannya, yaitu puasa Arafah. Disela-sela kesibukan Mas Didik dalam melakukan sosialiasi di dapil Jawa Timur 9, Mas Didik mengingatkan bahwa “Keutamaan puasa di hari arafah, hari ke-9 bulan Dzulhijjah bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji sangat besar, selain pahala ittiba’us sunnah (Mengikuti sunah Rasulullah) ada keutamaan lain yang begitu istimewa, yaitu bisa melebur dosa-dosa yang telah lalu selama setahun penuh, dan setahun yang akan datang, sebagaimana keterangan hadits riwayat Abi Qatadah berikut ini,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ كَفَّارَةُ السَّنَةِ وَالسَّنَةِ التِّي تليها

Puasa dihari Arafah bisa melebur dosa-dosa yang telah lalu selama setahun penuh dan setahun yang akan datang”.

“Selain hal tersebut, Imam Al-Mawardi dalam kitabnya Al-Hawi Al-Kabir memberi penjelasan tentang yang dimaksud dengan terleburnya dosa-dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang, karena hal ini ada dua kemungkinan, pertama seseorang yang menjalankan puasa hari arafah akan mendapatkan keutamaan terlebur dosanya yang lalu selama setahun penuh dan dosa setahun yang akan datang. Kedua adalah, Allah menjaga orang tersebut dari perbuatan buruk pada kedua tahun tersebut.

أَحَدُهُمَا: إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَغْفِرُ لَهُ ذُنُوبَ سَنَتَيْنِ. وَالثَّانِي: إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَعْصِمُهُ فِي هَاتَيْنِ السَّنَتَيْنِ فَلَا يَعْصِي فِيهِمَا

Pertama, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu selama setahun dan pada tahun berikutnya. Kedua, Allah akan menjaganya dari perbuatan buruk pada kedua tahun tersebut” pungkas Mas Didik mengakhiri perbincangan dengan redaksi.

X