Jaga, Pahami, dan Hayati Empat Pilar Kebangsaan

Pancasila dan Cinta Tanah Air
January 15, 2018
SBY Akan Laporkan Pengacara Setnov ke Bareskrim
February 7, 2018

Jaga, Pahami, dan Hayati Empat Pilar Kebangsaan

TUBAN, Jawapost.com – Sosialisasi empat pilar MPR RI kembali digelar oleh anggota DPR-MPR RI Didik Mukrianto, SH, MH dihadapan masyarakat Tuban Rabu (29/11) lalu. Dalam kesempatan tersebut, anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jatim IX (Bojonegoro-Tuban) ini mengatakan, empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika itu tidak hanya sekadar dihapalkan.

Tetapi harus diimplementasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila selain sebagai dasar negara, kata Didik, juga harus menjadi pedoman hidup bagi semua warga negara Indonesia.

Menurut Didik, kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia akan semakin kuat dalam konteks kemajemukan apabila segenap komponen bangsa, lapisan masyarakat mampu memahami dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila.

‘’Tentunya juga sendi-sendi utama lainnya yang terkandung dalam UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,’’ kata anggota Komisi III DPR RI itu.

Didik juga menekankan tentang pentingnya Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara membawa konsekuensi logis nilai-nilai Pancasila tersebut harus dijadikan landasan pokok dan landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia.

Pancasila berisi lima sila yang pada hakikatnya berisikan lima nilai dasar yang fundamental.

Dia menegaskan, keempat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara semestinya harus dijaga, dipahami, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

‘’Apabila kita benar-benar mengamalkan semua nilai-nilai yang terkandung didalamnya, maka tujuan dan cita-cita bangsa ini akan terwujud,’’ ujar Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu.

X
Skip to toolbar