Cegah Makin Banyak Korban Corona, Jokowi Jangan Ragu Lockdown

Cegah COVID-19, anggota DPR: tindakan tegas aparat dapat dimaklumi
March 22, 2020
Anggota Komisi III Sebut Kehadiran Iwan Bule di Rumah Pengusaha Jerry Lo Saat Tes Corona Tidak Etis
March 26, 2020

Cegah Makin Banyak Korban Corona, Jokowi Jangan Ragu Lockdown

Hingga Sabtu (21/3), ada 450 orang di Indonesia yang positif virus corona (COVID-19) sementara jumlah korban meninggal sebanyak 38 orang. Politikus Demokrat Didik Mukrianto menilai pemerintah harusnya sudah memberlakukan lockdown dengan kondisi seperti saat ini.

“Dalam kondisi demikian, seharusnya untuk menjamin keselamatan masyarakat, pemerintah jangan ragu-ragu untuk mengambil sikap tegas untuk melakukan lockdown daerah-daerah tertentu yang dianggap masif dan tidak terkendali penyebaran virusnya,” kata Didik saat dihubungi kumparan, Minggu (22/3).

Nantinya setelah menetapkan lockdown, Partai Demokrat menyarankan agar pemerintah menyiapkan langkah-langkah strategis lainnya. Misalnya, menyiapkan tempat observasi, pengobatan dan menjamin tenaga medis dalam jumlah yang cukup.

“Keragu-raguan dan keterlambatan pemerintah hanya akan menambah parah wabah virus corona. Jangan sampai korban semakin banyak berjatuhan,” ujar Ketua DPP Demokrat demisioner itu.

Lebih lanjut, Anggota Komisi III DPR itu meminta pemerintah Jokowi belajar dari pengalaman negara yang lain yang sudah bisa mencegah penyebaran corona. Hal ini penting untuk mencegah makin banyak korban.

“Belajar dari negara lain yang mampu menangkal dengan baik, dan belajar pula pada negara lain seperti Italia yang semakin hari semakin mengganas dan merenggut nyawa yang cukup banyak,” kata Legislator Jatim itu.

Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 atau virus corona Doni Monardo memastikan pemerintah RI tak akan mengeluarkan kebijakan lockdown.

Pernyataan Doni itu menegaskan sikap pemerintah saat ini, yang juga merupakan arahan Presiden Jokowi.

“Pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi yang memberi instruksi kepala gugus tugas, tak ada lockdown,” kata Doni dalam videonya, Sabtu (21/3).

X
Skip to toolbar