Anggota Komisi III Sebut Kehadiran Iwan Bule di Rumah Pengusaha Jerry Lo Saat Tes Corona Tidak Etis

Cegah Makin Banyak Korban Corona, Jokowi Jangan Ragu Lockdown
March 22, 2020
Rakyat Makin Susah akibat Corona, Jokowi Didesak Segera Salurkan BLT
March 27, 2020

Anggota Komisi III Sebut Kehadiran Iwan Bule di Rumah Pengusaha Jerry Lo Saat Tes Corona Tidak Etis

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menilai kehadiran Komjen Pol Mochamad Iriawan (Iwan Bule) di rumah pengusaha Jerry Hermawan Lo saat menggelar tes corona untuk keluarga tidak etis.

“Atas apa yang terjadi dan di saat polisi sedang berjuang mendisiplinkan masyarakat dalam melawan corona, kurang etis Komjen Iwan datang ke rumah pengusaha Jerry,” ujar Didik saat dihubungi, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Didik menjelaskan, dalam situasi memprihatinkan saat ini, masih banyak masyarakat yang gelisah, khawatir, dan membutuhkan fasilitas kesehatan karena wabah virus corona atau Covid-19.

“Seharusnya pejabat negara menunjukkan empati, menunjukkan solidaritas sosialnya untuk membantu masyarakat dan mengutamakan kepentingan masyarakat atau people first,” ujar politikus Partai Demokrat itu.

Didik menyebut, polisi mempunyai tugas sebagai penegak hukum, melayani masyarakat dan menjadi pengayom masyarakat.

Sehingga, Didik meminta para petinggi polisi seharusnya tampil ke depan memberikan tauladan yang baik untuk masyarakat, bukan malah sebaliknya.

“Jadi, apapun alasannya harus mengutamakan rakyat dahulu. Kepentingan pribadinya, kepentingan kelompoknya harus menyesuaikan dengan kepentingan rakyat,” kata Didik.

Penjelasan Iwan Bule

Video kedatangan Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan (Iwan Bule) ke rumah pengusaha properti Jerry Hermawan Lo viral di media sosial.

Saat itu, Jerry Hermawan Lo sedang menggelar rapid test Covid-19 untuk keluarganya.

Saat dikonfirmasi Wartakotalive, Rabu (25/3/2020), Iwan Bule membenarkan kedatangannya ke rumah Jerry Lo, seperti dalam video yang beredar.

Kedatangan Iriawan ke rumah Jerry Hermawan Lo dalam rangka melihat proses pengecekan kesehatan keluarga besar pengusaha properti tersebut, Selasa (24/3/2020).

“Memang benar saya datang ke rumah Bapak Jerry untuk memenuhi undangan beliau menyaksikan proses pengecekan kesehatan keluarga besar dan seluruh karyawan rumah tangganya,” kata Iwan Bule melalu aplikasi pesan WhatsApp kepada Wartakotalive, Rabu.

Iriawan mengatakan dirinya datang ke rumah Jerry Hermawan Lo pada sore hari selepas dirinya pulang dari kantor.

Ia menjelaskan kedatangannya semata-mata untuk memenuhi undangan pengusaha properti tersebut yang sedang melakukan tes Covid-19 di rumahnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di rumah pengusaha properti Jerry Hermawan Lo. (Istimewa/ wartakota)

Pengecekan kesehatan termasuk tes Virus Corona dilakukan kepada keluarga dan karyawan, termasuk sopir dan asisten rumah tangga Jerry Hermawan Lo.

“Kedatangan saya pada sore hari selepas pulang kantor, semata-mata untuk memenuhi ajakan yang berangkutan yang sedang melakukan tes Covid -19 di rumah.”

“Menggunakan klinik mobile medis dari RS Royal Progress, termasuk mengecek darah dan rongent keluarga. Apakah ada keluarga, sopir, satpam, asisten rumah tangga, dan karyawannya yang terpapar virus Covid-19,” katanya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di rumah pengusaha properti Jerry Hermawan Lo. (Istimewa/ wartakota)

Menurut Iriawan, Jerry Hermawan Lo sengaja memanggil dokter dari rumah sakit atas inisatifnya sendiri.

“Yang bersangkutan memanggil dokter dari rumah sakit karena tes Covid-19 yg ada di pasaran tidak didapatkan,” kata Iwan Bule.

Hal tersebut dilakukan Jerry Lo karena cucunya dirawat di rumah sakit lain.

“Yang bersangkutan memanggil untuk pribadi guna melakukan test darah dan CT Scan, dikarenakan cucu beliau masuk dalam perawatan di rumah sakit lain di Tangerang,” jelas Iriawan.

Proses tes dilakukan di rumah karena Jerry Lo membutuhkan hasil laboratorium terhadap 80 orang.

“80 orang itu yang terdiri dari keluarga di rumah, karyawan kantor, sopir, pembantu, dan sekuriti yang dilakukan oleh pihak rumah sakit.”

“Adapun kedatangan saya karena dihubungi yang bersangkutan untuk melihat tes Covid-19 dari rumah sakit tersebut.”

“Dan menawarkan apabila PSSI akan melakukan tes yang sama seperti yang dilakukannya.”

“Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, kiranya dapat menjadi klarifikasi atas video-video yang beredar,” ujarnya.

Dalam video yang beredar, memperlihatkan Iriawan tengah disemprot disinfektan di pintu gerbang rumah Hermawan.

Ia tampak datang seorang diri mengenakan seragam polisi dan masker di wajahnya.

Oleh Hermawan, Iriawan diarahkan ke sebuah ruangan yang berisikan seluruh anggota keluarga besarnya sedang melakukan tes Covid-19.

Hermawan kemudian memperlihatkan aktivitas pemeriksaan tersebut, termasuk memperkenalkan sang dokter.

X
Skip to toolbar