AHY Tunjuk Didik Mukrianto Sebagai Plt ketua DPC Demokrat Tuban Gantikan Anwar yang Maju Pilkada

Anggota Komisi III: Kasus Teror Diskusi UGM Memalukan dan Memilukan
June 2, 2020
Didik Mukrianto Minta Wakapolri Tak Gegabah Libatkan Preman Pasar Tangani Covid-19
September 21, 2020

AHY Tunjuk Didik Mukrianto Sebagai Plt ketua DPC Demokrat Tuban Gantikan Anwar yang Maju Pilkada

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA – DPP Partai Demokrat bergerak cepat setelah kadernya memutuskan keluar dari partai untuk maju di Pilkada Tuban.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pun menunjuk Didik Mukrianto sebagai Plt ketua DPC Demokrat Tuban.

“Benar, DPP menugaskan kepada kami untuk menjadi Plt Ketua DPC Demokrat Tuban,” ujar Didik kepada TribunMadura.com, ketika dikonfirmasi di Surabaya (Jumat, 4/9/2020).

Didik tak memungkiri, keputusan yang diambil oleh DPD Partai Demokrat menindaklanjuti pengunduran diri DPC Demokrat Tuban sebelumnya, M Anwar.

Anwar mundur dari Demokrat karena mencalonkan sebagai kandidat wakil bupati Tuban mendampingi Khozanah Hidayati melalui PKB.

Sikap yang diambil M Anwar tersebut bertolak belakang dengan keputusan DPP Partai Demokrat.

Yang mana, Demokrat memutuskan berkoalisi dengan Golkar untuk mengusung Aditya Halindra Faridzki yang berpasangan dengan Riyadi.

Halindra merupakan Ketua DPD Golkar Tuban sedangkan Riyadi merupakan kader Demokrat.

“Keputusan ini sudah diambil secara matang dengan mendengarkan suara rakyat,” kata Didik yang juga menjabat Ketua Departemen Hukum dan HAM (Depkumham) DPP Partai Demokrat ini.

“Kalau kemudian Mas Anwar mengambil keputusan lain, kami hormati sikap politik beliau. Namun, kami tegaskan, kader Demokrat dan masyarakat umum di Tuban tak perlu risau sebab Demokrat masih solid untuk memenangkan pasangan Halindra-Riyadi,” katanya.

Pihaknya menyebut telah mengantisipasi sejumlah dinamika politik yang ada.
“Hal ini tidak mempengaruhi rencana yang kami susun. Justru, hal ini menyolidkan mesin pemenangan untuk pemenangan,” katanya.

Didik kembali menjelaskan bahwa keputusan partai yang diambil oleh Demokrat telah melalui dinamika panjang.

Pihaknya mengakui Anwar sebelumnya memang telah mendapat Surat tugas dari Demokrat.

Isinya, meminta Anwar untuk menjadi partai koalisi sekaligus pasangan untuk maju di Pilkada.

“Kami telah memberikan kesempatan kepada kader kami yang berada di posisi ketua DPC untuk membangun perencanaan kedepan,” katanya.

Namun, pada durasi waktu yang telah ditentukan Anwar dinilai gagal menjalin Komunikasi untuk mencari partai koalisi maupun mencari pasangan.

“Mas Anwar tak bisa meyakinkan satu pun partai politik untuk berkoalisi dengan Demokrat,” katanya.

“Oleh karenanya, Demokrat mengambil alih dan memutuskan mengusung Halindra yang berpasangan dengan Riyadi. Pasangan ini yang diharapkan masyarakat Tuban bisa merepresentasikan Nasionalis dan Religius,” katanya.

Didik menegaskan bahwa Demokrat siap bergerak untuk memenangkan pasangan Halindra-Riyadi.

“Pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB kami akan mendaftar ke KPU Tuban. Kami bergerak bersama rakyat,” kata Anggota DPR RI ini.

Untuk diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan dukungan kepada pasangan Khozanah Hidayati dan Muhammad Anwar ( Mbak Ana – De Anwar ) pada Pilkada Tuban 2020.

Partai yang dikomandoi Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberikan rekomendasi pasangan calon paling terakhir, dibandingkan partai lainnya.



Artikel ini telah tayang di Tribunmadura.com dengan judul AHY Tunjuk Didik Mukrianto Sebagai Plt ketua DPC Demokrat Tuban Gantikan Anwar yang Maju Pilkada, https://madura.tribunnews.com/2020/09/04/ahy-tunjuk-didik-mukrianto-sebagai-plt-ketua-dpc-demokrat-tuban-gantikan-anwar-yang-maju-pilkada?page=2.
Penulis: Bobby Koloway
Editor: Elma Gloria Stevani

X
Skip to toolbar