Soroti Isu Pemecatan Novel Baswedan Cs dari KPK, Mas Didik Bilang Begini

Pemerintah Diminta Cari Jalan Keluar soal 75 Pegawai KPK yang Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan
July 7, 2021
Anggota DPR Fraksi Demokrat Tak Setuju Anggapan KPK Sudah ‘Mati’
July 7, 2021

Soroti Isu Pemecatan Novel Baswedan Cs dari KPK, Mas Didik Bilang Begini

jpnn.com, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menanggapi isu pemecatan Novel Baswedan dan puluhan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Konon, ada 75 pegawai KPK tidak lolos tes wawasan kebangsaan dalam alih fungsi status kepegawaian lembaga itu menjadi aparatur sipil negara (ASN), termasuk Novel. Novel kemudian menuding bahwa pimpinan KPK yang diketuai Firli Bahuri ingin menyingkirkan orang-orang berintegritas di lembaganya.

Menurut Didik, asesmen itu merupakan konsekuensi atas alih status pegawai KPK menjadi ASN. Namun, dia mengingatkan prosesnya harus dilakukan secara transparan.

“Karena proses ini akan menjadi bagian pertimbangan dalam membuat keputusan, maka asesmen tersebut mutlak harus dilakukan secara transparan, profesional, terukur dan akuntabel,” ucap Didik saat dikonfirmasi JPNN.com, Rabu (5/5).

Dia optimistis bila keterbukaan, akurasi dan akuntabilitasnya bisa dipertanggungjawabkan, maka tidak akan memantik polemik dan spekulasi-spekulasi yang tidak perlu.

Politikus Demokrat itu menyebut keadaan yang demikian tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan harus segera mendapatkan kejelasan. Didik mendorong Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan KPK dapat memberikan penjelasan seterang-terangnya agar tidak berkembang spekulasi yang kontra produktif.

Logikanya, lanjut Didik, jika alih status tersebut dilakukan dengan transparansi yang tinggi dan terukur, profesional dan akuntabel, maka semua orang akan bisa menerima apa pun hasilnya.

Sebaliknya, jika keterbukaannya rendah, profesionalisme dan akuntabilitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka jangan heran bila muncul ketidakpercayaan publik. “Pada akhirnya berkembang spekulasi yang tidak perlu terkait dengan integritas KPK,” pungkas Didik Mukrianto. (fat/jpnn)

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
“Soroti Isu Pemecatan Novel Baswedan Cs dari KPK, Mas Didik Bilang Begini”,
https://www.jpnn.com/news/soroti-isu-pemecatan-novel-baswedan-cs-dari-kpk-mas-didik-bilang-begini?page=2

X
Skip to toolbar