Demokrat Tak Ingin Gegabah Bentuk Poros Koalisi‏

Demokrat siapkan strategi penyelesaian sengketa Pemilu
May 1, 2014
Didik Mukrianto: Demokrat berkoalisi mempertimbangkan keberlanjutan program SBY
May 1, 2014

Demokrat Tak Ingin Gegabah Bentuk Poros Koalisi‏

http://www.gatra.com

Partai Demokrat mengisyaratkan partainya bisa saja membentuk poros baru dengan cara berkoalisi bersama partai lain. Poros yang dibentuk diluar poros PDIP dengan Jokowinya, Golkar dengan Aburizal Bakrie dan Gerindra dengan Prabowo Subianto ini diyakini bakal terbentuk dikomandani oleh partai Demokrat lewat Ketua Umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Poros keempat itu sesuatu yang diperkirakaan publik karena belum adanya kepastian siapa yang akan hadir sebagai capres dan cawapres. Poros keempat bisa saja hadir karena ketidakpiawaian calon yang diperkirakan kuat dalam pemilu dalam mengkapitalisasi kemenangannya. Semakin dekat pilpres membuka peluang poros keempat,” kata Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman dalam diskusi di hotel Alia, Cikini, Kamis (1/5).

Dia mengatakan, situasi pasca Pemilu Legislatif 2014, berbeda ketika 2004 dan 2009. Pilpres 2014 belum bisa diprediksi capres mana yang akan menang dan Demokrat tak ingin gegabah dalam berkomunikasi politik. “Dalam menentukan koalisi tak boleh gegabah. Kita sudah lihat contohnya yang gegabah, ketua umumnya hampir diberhentikan oleh waketumnya,” katanya.

Namun menurutnya, kini semua opsi masih mungkin terjadi karena komunikasi politik lintas partai masih dilakukan. “Komunikasi politik belum menunjukkan hal yang konkrit, situasinya masih sangat cair,” tambahnya.(*/rvn)

X