SBY Dinilai Layak Diberi Gelar Bapak Demokrasi

Transisi SBY ke Jokowi Akan Jadi Sejarah Baru
October 21, 2014
Didik : wajar anggota DPR bertanya kepada Menkumham
October 29, 2014

SBY Dinilai Layak Diberi Gelar Bapak Demokrasi

lk0fUvHi2NSumber: inilah.com

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai telah berhasil mengawal proses demokrasi dan transisi pemerintahan.

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengatakan, pelantikan presiden dan wakil presiden tanggal 20 Oktober nanti akan menjadi bukti keberhasilan SBY dalam mengawal demokrasi dan proses transisi pemerintahan.

“Pemerintahan Indonesia telah mengalami enam kali peralihan kekuasaan. Sayangnya, belum pernah sekali pun transisi presiden berlangsung secara ‘mulus’,” ujar Didik kepada INILAHCOM, Minggu (19/10/2014).

Menurutnya, dalam pelaksanaan demokrasi Pilpres 2014 dan proses transisi kepada pemerintahan selanjutnya yakni Jokowi-Jusuf Kalla (JK), situasi dalam negeri sangatlah kondusif dan aman.

Hal ini sekaligus menjadi catatan sejarah Indonesia sebeb dalam proses transisi pemintahan Indonesia selalu ada peristiwa tak menyenangkan yang melatarbelakangi suksesi kepemimpinan nasional.

“Presiden SBY juga akan menyiapkan upacara penghormatan untuk menyambut presiden yang baru nanti. Peralihan kekuasaan dari Presiden SBY ke Jokowi akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia,” katanya.

Didik menambahkan, dalam kepemimpinan SBY selama 10 tahun banyak pencapaian yang positif diberbagai bidang. Pencapaian tersebut antara lain di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hukum, HAM, lingkungan hidup, budaya, pertahanan dan keamanan, politik, dan aspek-aspek lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Meski begitu, Demokrat sadar dengan kepemimpinan 10 tahun SBY masih banyak kekurangan. Sebab untuk melakukan perubahan seperti yang diamanatkan oleh UUD butuh waktu yang panjang.

“Tentulah Pemerintahan SBY masih memiliki kekurangan dan kekhilafan. Begitupun sudah sepatutnya, sebagai anak bangsa, kita memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya bagi SBY yang telah memimpin bangsa Indonesia dengan setulus hati,” tambahnya. [ton]

X