DPD-DPC Hanya Inginkan SBY Ketua Umum

Saatnya Karang Taruna Jadi Subyek Pengentasan Problem Sosial
March 17, 2015
F-Demokrat Minta Jokowi Kedepankan Aspirasi Rakyat pada Saat Kritis
March 17, 2015

DPD-DPC Hanya Inginkan SBY Ketua Umum

Sumber: koran-sindo.com

JAKARTA – Kader Partai Demokrat mengharapkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersedia kembali untuk dipilih sebagai ketua umum (ketum) di kongres mendatang.

Di bawah kepemimpinan SBY, partai pemenang Pemilu 2009 ini yakin bisa kembali bangkit setelah mengalami penurunan suara signifikan pada Pemilu 2014. Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan, semua kader Demokrat di daerah menginginkan SBY kembali memimpin partai. Sejauh ini belum ada kandidat lain ataupun dorongan dari internal partai untuk mengusung calon lain selain SBY. Jika pun ada, itu baru akan diputuskan saat rapat internal pembahasan kongres.

Kongres akan dilaksanakan pada April atau Mei tahun ini. Lokasi kongres sedang dipertimbangkan antara tiga daerah yakni Bali, Surabaya, atau Jakarta. Selaku ketua harian, Syarief sudah melakukan konsolidasi dengan pengurus partai di tingkat DPC dan DPD untuk menyiapkan pelaksanaan kongres lima tahunan tersebut. ”Minggu ini atau minggu depan kita akan rapat internal untuk membahas persiapan kongres. Termasuk jadwal dan lokasi semua akan dibahas di rapat internal,” ucapnya.

Politikus Partai Demokrat lainnya, Didik Mukriyanto, menyatakan internal partai terus melakukan perencanaan dan persiapan kongres dengan melakukan penataan, konsolidasi kelembagaan, dan persiapan administrasi. ”Agenda penting dipersiapkan sedini mungkin agar dalam kongres dihasilkan keputusankeputusan yang strategis demi mengembalikan kejayaan Demokrat pada 2019,” sebutnya kemarin.

Dia juga menjelaskan agenda penting tersebut bertumpu pada program umum, program kerja, dan rencana aksi yang bertujuan untuk kepentingan rakyat. Selainitu, keterpilihanketua umum kongres juga menjadi agenda yang sangat strategis.

Sekretaris Fraksi Demokrat di DPR ini juga menyampaikan semua kader dari daerah hingga pusat sedang melakukan konsolidasi secara masif untuk menghadirkan sosok ketua umum yangkuat danmampumembawa Demokrat jaya kembali. Pada Pemilu 2009 Demokrat meraih suara 20,4% dan mendudukkan 150 kadernya di DPR. Namun, suara partai melorot tajam pada pemilu lalu dengan hanya mampu meraih 10,19%.

Jumlah kursi Demokrat di DPR juga anjlok menjadi 61. ”Seluruh kader sedang berjuang keras secara utuh untuk memohon kepada SBY agar berkenan memimpin Demokrat. Hanya SBY yang dapat memberikan jaminan reborn-nya Demokrat pada 2019,” ucapnya.

Mula akmal

X