Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK segera digelar

Sarwo Edhie Layak Jadi Pahlawan Nasional
November 20, 2015
Rangkaian proses Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK akan dimulai
December 3, 2015

Uji Kelayakan dan Kepatutan Capim KPK segera digelar

DidikMukrianto.com – Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR, Didik Mukrianto, mengatakan seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera dilaksanakan dalam rangka menguatkan komitmen dan tekad bangsa ini dalam memerangi korupsi.

Didik mengatakan bahwa DPR harus segera melaksanakan kewenangan dan tugas konstitusi yang telah diamanahkan dalam UU KPK dalam jangka waktu 3 bulan sejak diterimanya surat dari Presiden.

“Sesuai UU Nomor 32 tahun 2002, dalam jangka waktu paling lambat 3 bulan sejak surat Presiden diterima oleh DPR, DPR harus memilih dan menetapkan pimpinan KPK dari calon pimpinan yang diserahkan. Untuk itu DPR akan segera melakukan rangkaian proses Fit and Proper Test untuk memastikan, memvalidasi, memferifikasi dan melakukan pendalaman terhadap calon pimpinan KPK agar agenda pemberantasan korupsi bisa maksimal dengan daya dukung pimpinan yang tidak diragukan lagi dedikasi, integritas, kapasitas, kapabilitas dan kompetensinya serta tidak tersandera oleh persoalan masa lalunya ,” kata Didik di gedung DPR, Jakarta, Senin, 30 September 2015.

Anggota komisi hukum DPR itu menambahkan bahwa agenda pemberantasan korupsi kedepan harus bisa dijalankan secara holistik karena akan banyak agenda strategis bangsa ini yang membutuhkan perhatian penuh, diantaranya persoalan sumber daya alam, persoalan lingkungan dan ledakan pembangunan infrastruktur.

“Pimpinan KPK kedepan harus lebih fokus kepada upaya pemberantasan korupsi yang lebih holistik. Pencegahan dan Penindakan yang beriringan sudah barang tentu menjadi agenda yang sama-sama penting untuk dijalankan. Korupsi tidak akan selesai hanya dengan penindakan. Tapi hanya dengan pencegahan sudah barang tentu pemberantasan korupsi dipastikan kurang sempurna. Korupsi bukan hanya diselesaikan di tingkat hilir, penanganan melalui pencegahan di tingkat hulu dipastikan akan bisa meminimalisir potensi lost keuangan negara,” ujar Ketua Umum Karang Taruna ini.

 

X