Fit & proper test Capim KPK oleh Komisi III DPR RI

Foto Pelantikan LDP Kumham
December 10, 2015
Capim Sujanarko Ingin KPK Bisa Lebih Bertaji Tangani Korporasi
December 14, 2015

Fit & proper test Capim KPK oleh Komisi III DPR RI

IMG_2795Hari ini 14 Desember 2015 dimulai tahap seleksi fit & proper test terhadap 10 calon pimpinan KPK yang diserahkan ke komisi III DPR RI. Dalam proses seleksi ini, diawali dg saudara Sujanarko pukul 10:00 Wib dengan dipimpin oleh Trimedya Pandjaitan.
Anggota komisi III dari fraksi Partai Demokrat, didik mukrianto mengajukan beberapa pertanyaan kepada Sujanarko terkait penanganan kasus korupsi.
“Salah satu point utama dalam pemberantasan korupsi adalah sinergisitas KPK dg lembaga penegak hukum lain sehingga tidak terjadi one man one show, padahal KPK perlu melakukan koordinasi dg Kepolisian, Kejaksaan sehingga pemberantasan korupsi tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tinggi dalam penindakan tindak pidana korupsi. Pola hubungan dan kerjasama seperti apa yang hendak bapak lakukan seandainya bapak terpilih sebagai komisoner KPK periode mendatang,” ujar didik mewakili fraksi partai demokrat.
Menanggapi hal ini sujanarko menjelaskan, ke depan kalau terpilih sebagai komisioner KPK akan menititkberatkan konsolidasi dg Kepolisian & Kejaksanaan dalam mengendus praktek penyalahgunaan keuangan negara. Kalau konsolidasi berjalan efektif fungsi KPK akan lebih efektif bukan hanya sebagai pemadam kebakaran semata.
KPK tidak boleh menguasai panggung pemberantasan korupsi. Itulah awal cikal bakal adanya kecemburuan oleh lembaga lain.
“Akan ada banyak musuh karena KPK dianggap satu-satunya lembaga yang mampu memberantas korupsi,” tuturnya.

X
Skip to toolbar