Jelang Putusan Kasus Novanto, PD: MKD Harus Objektif dan Rasional

Komisi III: Besok KPK Punya Pimpinan Baru
December 15, 2015
Malam ini, Komisi III DPR pilih Capim KPK
December 16, 2015

Jelang Putusan Kasus Novanto, PD: MKD Harus Objektif dan Rasional

Jakarta detik.com21928546-6239-45fa-85b3-fabaf952721e_169 – Fraksi Partai Demokrat menyerahkan putusan terkait kasus Ketua DPR Setya Novanto kepada masing-masing anggotanya di Mahkamah kehormatan Dewan (MKD). Mereka diingatkan agar objektif dan rasional.

“FPD sejak awal sudah memberikan independensi kepada anggota MKD dari FPD sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh UU maupun peraturan lainnya,” kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto kepada wartawan, Rabu (16/12/2015).

Baca juga: Novanto Didesak Mundur, Anggota MKD Golkar: Kita Tak Ingin Diintervensi

Didik menegaskan bahwa fraksi tidak mengintervensi anggotanya di MKD. Ada dua orang anggota FPD di MKD yaitu Guntur Sasono dan Darizal Basir.

“Sejak awal, FPD mendorong dan mengimbau agar anggota FPD di MKD untuk selalu obyektif dan rasional, menaati mekanisme dan aturan yang berlaku dalam menggunakan hak-haknya,” ujar anggota Komisi III ini.
Guntur dan Darizal juga diminta memperhatikan fakta-fakta sesuai persidangan. Dengan demikian, hasilnya tidak akan terpengaruh dengan subjektivitas.

“Semua keputusan tidak boleh didasarkan kepada subjektifitas,” tegas Didik.

Baca juga: Anggota MKD Demokrat Masih Pikir-pikir Soal Putusan Novanto

Sebelumnya, anggota MKD dari Demokrat Guntur Sasono masih memikirkan keputusan apa yang akan diambil. Hingga semalam, dia belum memaparkan pilihannya.

“Kalau (sanksi) ringan sudah dua kali berarti sedang. Kalau sudah ringan tambah sedang sudah ya berat, misal kemarin ringan (sanksinya), sekarang ringan. Itu otomatis sesuai tata beracara hukumannya menjadi sedang,” papar Guntur saat dihubungi, Selasa (15/12) malam.

“Nanti lah kita pikiri-pikir dulu yang menyangkut nama orang, yang menyangkut masa depan Indonesia, kita pikir jernih,” tutup Guntur.

X