Komisi III Akan Tentukan Nasib Capim KPK Hari Ini

Demokrat Minta MKD Objektif dan Rasional
December 17, 2015
SBY Sudah Kantongi Nama yang Akan Dipilih di Komisi III
December 17, 2015

Komisi III Akan Tentukan Nasib Capim KPK Hari Ini

Jakarta detik.com – Komisi III DPR RI telah selesai melakukan fit and proper test untuk 8 orang capim KPK. Hasilnya akan diumumkan hari ini setelah Komisi III menggelar rapat.

Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman mengatakan, hasil uji kelayakan dan kepatutan tersebut tengah dilaporkan ke masing-masing fraksi untuk pengambilan keputusan. Kemudian pagi ini akan dilanjutkan dengan rapat untuk menentukan siapa saja capim KPK terpilih.

“Komisi III telah merampungkan tugasnya untuk melakukan uji kelayakan terhadap 8 capim KPK yang diusulkan Presiden Jokowi, ditambah 2 capim yang diusulkan Presiden SBY,” kata Benny di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/12.

Menurut Benny, rapat pemilihan pimpinan KPK akan dilakukan secara terbuka. Pengambilan keputusan dilakukan melalui musyawarah.

“Pengambilan keputusan musyawarah, apabila mentok akan voting. Mudah-mudahan besok kita sudah memiliki pimpinan KPK lagi,” tutur politisi Partai Demokrat itu.

Komisi III telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 8 capim KPK. 8 Capim itu adalah Sujanarko, Alexander Marwata, Johan Budi, Saut Situmorang, Surya Tjandra, Basaria Panjaitan, Agus Rahardjo, dan Laode M Syarif. Selain itu 2 Capim KPK yang telah diuji tahun lalu, yakni Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata juga dipastikan melanjutkan proses pemilihan.

Sebelumnya Komisi III dijadwalkan akan mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan capim KPK malam tadi. Namun karena proses seleksi baru selesai malam tadi, pengumuman akan ditunda hari ini.

Pimpinan KPK jilid 3 memang telah habis masa jabatannya hingga Rabu (16/12) kemarin. Sehingga DPR harus mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan hari ini agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan.
0181c8d2-d555-4b24-9971-458f56ac1992_169

X