Pimpinan Baru Harus Mampu Perkuat KPK Dalam Penindakan Pidana Korupsi

Ini lima pimpinan KPK baru hasil voting Komisi III DPR
December 17, 2015
Rio Capella Sebut Ada Tersangka Lain, KPK Harus Selidiki
December 29, 2015

Pimpinan Baru Harus Mampu Perkuat KPK Dalam Penindakan Pidana Korupsi

Jakarta detik.com6279f13c-0188-418d-84bd-5d4c843cb2f8_169– Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah terpilih di sidang Komisi III DPR RI. Para pimpinan itu diminta menanamkan dan menjalankan empat kriteria agar dapat bekerja sesuai harapan rakyat.

“Setiap calon itu kan kriteria minimal ada 4. Harus kompeten, integritas, independen, kepemimpinan yang kuat,” ujar peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Miko Susanto Ginting, saat dihubungi detikcom, Jumat (18/12/2015).

Baca juga: Pimpinan KPK Diminta Cepat Pelajari Modus Korupsi di Indonesia

Selain empat kriteria itu, lanjut Miko, para KPK juga harus menyadari bahwa kondisi KPK saat ini kritis dan butuh penguatan.

“Sejauh ini belum ada yang menyadari kondisi kritis ini,” ujar Miko.

Namun begitu, Miko tetap berharap Pimpinan KPK dapat bekerja sesuai harapan rakyat dalam memberantas korupsi.

“Kita harap jadi motivasi kembali untuk berantas korupsi ke depan. Juga harapannya KPK dapat merespons situasi pemberantasan korupsi yang makin mencemaskan,” tutupnya.

Baca juga: Ini Harapan Kapolri Terhadap 5 Pimpinan Baru KPK

Lima pimpinan KPK terpilih setelah melewati proses voting dalam pemilihan di Komisi III DPR. Kelima yang terpilih ini akan selanjutnya akan diumumkan dan disahkan dalam paripurna DPR hari ini.

Paripurna pengumuman lima nama pimpinan KPK dijadwalkan berbarengan dengan paripurna penutupan masa sidang sebelum reses.

X