Penegak hukum tidak boleh melakukan kriminalisasi

Konstruksi Berpikir AS Hikam Sangat Menyesatkan
January 11, 2016
Dewan Minta Publik Percaya Aparat Keamanan
January 15, 2016

Penegak hukum tidak boleh melakukan kriminalisasi

didikmukrianto.com-Jakarta. Kesaksian yang tidak didasarkan kepada kapasitas Sakai yang mengetahui, menyaksikan dan mengalami sendiri secara langsung, Dan hanya didasarkan kepada keterangan yang bersumber dari Sakai lain tidak bisa dijadikan dasar bagi penegakan hukum. Demikian disampaikan Didik Mukrianto anggota Komisi III terkait beberapa pendapat yang meminta menindaklanjuti Kesaksian Angie dalam persidangan Nazar beberapa waktu yang lalu.

“Penegakan hukum harus didasarkan kepada mekanisme hukum yang berlaku. Menegakkan hukum tidak boleh melanggar hukum” kata Didik Mukrianto sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR RI

Lebih lanjut, Didik menyampaikan bahwa Keterangan Angie dalam persidangan Nazar tidak mempunyai nilai pembuktian yang sah menurut hukum karena tidak dialami dan diketahui sendiri oleh Angie namun berdasar keterangan Nazar.

“Kompetensi saksi yang sah menurut hukum dan dapat dipertanggungjawabkan adalah saksi yg melihat, mendengar, mengalami secara langsung. Testimoni de auditu tidak bisa dijadikan dasar bagi penegak hukum untuk menegakkan hukum. Penegak hukum tidak boleh melakukan kriminalisasi terhadap siapapun” kata Ketua Umum Pengurus Karang Taruna Nasional.

Hal ini disampaikan Didik terkait dengan pernyataan para ahli seperti Yenti Garnasih, termasuk mantan Plt Wakil Ketua KPK Indrianto Senoadji yang meminta KPK untuk menindaklanjuti keterangan Angie dalam persidangan Nazar

X