Ketahanan Sosial Penting untuk Hadapi MEA

Selama Memimpin, SBY Tak Pernah Cari Kambing Hitam
March 4, 2016
Karang Taruna DIY Kembangkan Konsep Ketahanan Sosial
March 4, 2016

Ketahanan Sosial Penting untuk Hadapi MEA

KULONPROGO (KRjogja.com) – Terbukanya pasar perdagangan bebas dalam pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean (MEA) menjadikan kompetisi terutama sumber daya manusia dan ekonomi. Pemberlakukan MEA membuat Karang Taruna DIY terpanggil, khususnya kekhawatiran akan adanya dampak sosialnya.

“Sebab temuan dari penelitian yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebanyak 30 persen masyarakat Indonesia belum memahami pengertian dan manfaat MEA. Dampak negatif pemberlakuan MEA yang ini dapat diantisipasi dengan mengembangkan konsep ketahanan sosial ditengah-tengah masyarakat,” kata Ketua Karang Taruna DIY GKR Condrokirono pada forum Rapat Kerja Daerah IV Karang Taruna DIY Tahun 2016, Sabtu (27/2/2016), di aula Adikarto Gedung Kaca Wates.

Rakerda mengangkat tema “Peran Karang Taruna dalam Mewujudkan Ketahanan Sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Narasumber dalam rakerda Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto SH MH, Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K), dan Kepala Dinas Sosial DIY Drs Untung Sukaryadi MM. (Wid)

Pelaksanaan Rakerda IV Karang Taruna DIY. (Foto: Widiastuti)

Pelaksanaan Rakerda IV Karang Taruna DIY. (Foto: Widiastuti)

X