Berita

Didik Mukrianto Siap Pimpin Demokrat Jatim Jika Dipercaya DPP

Jumat, 09 Agustus 2019

Ketua DPP Demokrat, Didik Mukrianto menyatakan kesiapannya andai dipercaya menahkodai Demokrat Jatim. Namun, terkait dengan hal itu pihaknya menyerahkan kepada DPP dan pengurus di Jawa Timur.

Dikonfirmasi di Surabaya, Didik menjelaskan bahwa Jawa Timur adalah salah satu daerah strategis bagi Demokrat untuk mendulang suara. Di antaranya pada pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

“Jatim menjadi lumbung strategis dalam pertarungan politik,” kata Didik kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Oleh karenanya, wajar apabila semua kekuatan politik bertarung menguasai lumbung strategis tersebut, termasuk Demokrat. Meskipun demikian, ia menyebut tidak mudah untuk bisa mendominasi di Jatim.

“Tidak mudah untuk menguasai medan pertarungan Jatim,” kata Anggota DPR RI dari dapil Jatim IX ini.

Ia menyebut para kader membutuhkan extra motivasi dan kebersamaan dalam setiap langkah perjuangan selain ditopang pemimpin yang mumpuni.

Ia pun menyadari bahwa pihaknya masih jauh dari hal itu. “Saya masih harus banyak belajar dan menimba ilmu,” kata Sekretaris Frasi Demokrat di DPR RI ini.

Pria yang kini menjabat Ketua Umum Laskar Demokrat Penegak (LDP) Hukum dan HAM Partai Demokrat ini juga menyebut bahwa segala kepercayaan dan kesempatan yang diberikan partai kepadanya pun belum seluruhnya dilakukan dengan baik. “Saya belum bisa berbuat yang terbaik,” kata Didik.

Dengan berbagai pertimbangan strategis itu, pihaknya menegaskan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mempertimbangkan segala aspek.

Namun pada prinsipnya, sebagai bentuk loyalitas, pihaknya menegaskan akan patuh terhadap instruksi partai. “Siapapun kadernya, apabila mendapat mandat untuk menjalankan tugas untuk pengabdian, maka tidak ada rumusnya untuk menolak,” tegasnya diplomatis.

Untuk diketahui, Didik bukanlah orang baru di Demokrat. Ia bergabung di partai berlambang segitiga mercy sejak 2002 atau awal berdirinya partai.

Di 2004, Didik bahkan telah masuk dalam Tim Pemenangan SBY yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla di pemilihan presiden dan wakil presiden dan kemudian terpilih.

Karier Didik di Demokrat pun terus meningkat senyampang dengan konsistensi di kursi legislatif. Pada periodisasi 2019-2024, Didik bahkan kembali terpilih sebagai Anggota DPR RI dari dapil yang sama.

Selain aktif di bidang kepartaian, Didik juga berpengalaman memimpin berbagai induk organisasi olahraga dan kepemudaan. Di antaranya, dengan menjabat Ketua Umum Karang Taruna Nasional, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI), serta masuk dalam Pengurus Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Nama Didik masuk dalam bursa pencalonan Ketua DPD Demokrat Jatim. Nama Didik bersaing dengan beberapa figur potensi lain, di antaranya Emil Elestianto Dardak yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sebelumnya, Lembaga penelitian politik, IT Research and Politic Consultant (iPol) Indonesia menyebut Didik menjadi satu di antara kader Demokrat yang berpeluang memimpin Demokrat Jatim. CEO iPol Indonesia, Petrus Haryanto menjelaskan bahwa untuk bisa memimpin partai Demokrat di Jawa Timur harus memahami kepartaian dan politik Demokrat.

Menurutnya, penerus Pakde Karwo seharusnya bisa sekelas Pakde Karwo. “Baik dari kapabilitas, finansial, kemampuan, pengalaman, dan kematangan manajemen konflik,” kata Petrus.

Petrus justru melihat peluang pucuk pimpinan seharusnya dipegang oleh kader di level DPP atau yang pernah berkiprah di DPR RI. Sebut saja Didik Mukrianto, Sekretaris Fraksi Demokrat di DPR RI yang terpilih dari dapil Jatim.

“Ketua DPD kedepan juga tak bisa bekerja sendiri namun juga harus dibantu oleh Sekretaris. Demokrat masih butuh figur seperti Mas Renville Antonio di posisi Sekretaris,” sebutnya.

Sumber : https://surabaya.tribunnews.com/2019/08/09/didik-mukrianto-siap-pimpin-demokrat-jatim-jika-dipercaya-dpp

Related Articles

Back to top button